Senin, 30 Januari 2012

tugas administrasi perkantoran


Tugas uas
Mata kuliah
ADMINISTRASI PERKANTORAN
Nama   :satriadi
Nim     :2010210045
Prody  :Ilmu Adminidtrasi Negara

1.
Administrasi dalam arti sempit adalah pekerjaan kantor / tata usaha ketatausahaan (clirecal work) dan ( to serve) melayani, dan dalam arti yang lain dikenal baik sebagai ilmu maupun sebagai seni yang dilaksanakan oleh administrator public / leader / manager.
Tugas:
a.
Jelaskan hakekatnya ?
Tujuan dasar administrasi Perkantoran adalah merujuk pada usaha pelayanan untuk memuaskan pelanggan/publik. Adapun pelayan tersebut adalah orang-orang yang bekerja didalam bidang Administrasi, seperti; pemimipin dan follower. Sehingga yang menjadi prioritas utama bagi dua belah pihak adalah usaha untuk melayani publik dengan baik dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan publik, yaitu; responsibilitas, akuntabilitas dan responsifitas.
b.
Apa saja sumber daya yang dapat dioptimalkan sehingga efektif, efisien dan rasional, jelaskan singkat ?

SDM yang ada pada pemimpin maupun anggotanya,
Tidak menutup kemungkinan SDM pemimpin lebih rendah dari pada anggotanya/bawahannya, maka dalam menyelesaikan suatu masalah perlu adanya pemikiran-pemikiran yang intelektual dan objektif/rasional. Dengan demikian perlu pemecahan bersama antara pemimpin dan bawahannya baik dalam hal pelayanan maupun pengambilan suatu keputusan.
c.
Apa saja kendalanya dan bagaimana solusinya ?
Kendala dalam Administrasi adalah birokratisasi, kendala ini disebut dengan rativ. Rativ merupakan pelayanan yang berbelit-belit kepada pelanggan/publik, sehingga pelangggan merasa keberatan. Adapun sulusinya adalah debirokratisasi dengan adanya reformasi mindset dan kinerja yang tangible, assurance, reliability, empaty dan responsive.
2.
Pada dasarnya fungsi Leader dalam organisasi dituntut mampu mengendalikan menyusun Sistem dan Prosedur Administrasi Perkantoran dengan dasar Etika ber Organisasi dan Etika Memimpin.
Tugas:
a.
Jelaskan makna konsep tersebut di atas ?

Sistem dan prosedur Administrasi Perkantoran adalah metode langkah demi langkah untuk melakukan suatu pekerjaan dengan sistematis yang telah terstruktur dengan baik.

a.
Menggunakan pendekatan normatif;
b.
Prinsip tanggungjawab,
c.
Prinsip keadilan,

2.
Apa/bagiamana hipotesis Etika, Organisasi dan Kepemimpinan dalam Sistem dan Prosedur Administrasi Perkantoran agar efektif ?
a.
Memiliki pendelegasian tugas baik secara individual maupun secara organisasi, sehingga terjadi kristalisasi profesi (spesialisasi pekerjaan) dan akuntabilitas yang baik.
b.
Terjadi proses pengaruh mempengaruhi dan dilakukannya koordinasi secara tepat atau integrated.
c.
Merumuskan otoritas dan kewenangan secara baik untuk meingkatkan motivasi atau semangat kerja pegawai serta loyalitas/kinerja yang produktif dari pucuk pimpinan hingga pegawai paling rendah.

3.
Apa tantangan atau hambatan untuk menjadikan Kantor sebagai rumah kedua ?
Tantangan kantor menjadi rumah kedua adalah dalam pembagian waktu berkumpul bersama keluarga. Sebab, selain sebagai pemimpin atau pekerja kantor juga sebagai pemimpin rumah tangga. Maka, solusinya adalah pendelegasian profesi pemimpin sementara dalam keluarganya ketika bekerja di kantor. Dengan demikian, baik aktifitas dalam keluarga maupun dalam kantor dapat berjalan dengan baik.
2.
Pada akhirnya setiap diri yang terlibat dalam Organisasi juga akan terlibat dalam Administrasi Perkantoran, baik dia sebagai pemimpin formal maupun pemimpin sesaat. Untuk itu latar belakang / motivasi dalam Pengambilan Keputusan yang berdemensi pada Kebijakan Publik menjadi sangat bermakna.
Tugas:
1.
Jelaskan hakekat konsep tersebut dengan Paradigma Analisis Metta Administration ?
Administrsi/Administration adalah kerja sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana yang ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya-sumber daya untuk mencapai tujuan yang efektif dan efesien..
2.
Jelaskan 3 (tiga) unsur yang dominan dengan Pendekatan Metta Leadership?
Tiga unsur dominan metta leadership sebagai berikut;
a.
Otoriter, metode pemimpin dalam menghadapi bawahannya secara paksaan dalam situasi tertentu.

b.
Demokratis, metode pemimpin dalam menghadapi bawahannya dengan pembagian tugas secara merata dan adil, kemudian pembagian tugas tersebut dilakukan secara terbuka, antara bawahan dianjurkan berdikusi tentang keberadaannya untuk membahas tugasnya, baik bawahan yang rendah sekalipun boleh menyampaikan saran serta diakui haknya.
c.
Liberal, metode pemimpin dalam mengahadapi bawahannya secara leluasa. Setiap bawahan bebas bersaing dalam berbagai srategi ekonomi, politik, hukum maupun administrasi.
3.
Kritisi Standar Penampilan Pribadi (Grooming) bilamana Keputusan yang diambil harus Benevolent Autocrat ?
Keputusan yang diambil secara autocrat/pemimpin yang otoriter dapat dilakukan apabila bersifat urgen/mendadak dengan hati-hati dan harus professional dalam mengambil keputusan
3.
Tugas anggota organisasi mulai dari Top Leader hingga Follower adalah memberikan Pelayanan Publik (Excellent Services/Customer Care) atau Pelayanan Prima dengan sebaik-baiknya bagi yang membutuhkan baik bersifat Vertikal maupun Horizontal sehingga tercipta Good Organizationdan Good Governance.
Tugas:
1.
Kritisi makna konsep tersebut di atas saudara sebagai Cendekiawan yang Akuntable !
Sistem pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada publik, maka perlu adanya pelayanan secara prima yang harus dijalankan setiap anggota organisasi dengan cara mindset yang professional, responsible, dan akuntable. Artinya, anggota organisasi sebagai pelayan bukan pengontrol atau penguasa.
(Agus Dwiyanto.Menuju Good Governance. Melalui Pelayanan Publik, Gajah Mada University Press,2006,28).
2.
Dengan konsep tersebut dapatkah pengembangan karier (cereer development) pegawai apakah dapat berjalan efektif
Semakin excellent/prima dalam tugas yang dijalankan oleh pegawai dalam organisasi maka akan semakin berpengalaman dalam sistem pelayanan, juga tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan reward dan bahkan jabatan akan naik.
3.
Berikan advocasi jod grading, agar link and match agar good and good.
Dengan memberikan penilaian kecakapan pegawai.
dengan tujuannya sebagai berikut;
a. Untuk menilai kemampuan dengan tujuan untuk kenaikan pangkat, golongan, ruanmg gaji.
b. Untuk memberikan pembayaran tambahan bagi pegawai.
. Penilaian pada kualitas pegawai
a. Kualitas dan Kuantitas pekerjaan yang diselesaikan;;
b. Kerjasama dan,
c. Kejujuran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar